Tips-Tips Dalam Impor Barang Borongan Dari China


Bagi Anda yang terpikiran untuk memulai usaha atau membuka toko dengan usaha dagang, mungkin masalah yang pertama Anda pikirkan bagaimana cara mendapatkan barang dagangan Anda dengan harga bagus dan kualitas juga terjamin. Impor barang borongan dari China sebagai salah satu solusi bagi Anda untuk memasok barang dagangan untuk usaha Anda.

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa barang atau produk dari dari China terkenal sangat murah, tapi yang harus tetap diperhatikan soal kualitasnya. Memang produk China sudah banyak menjamur di pasaran Indonesia dan barang-barang import China bisa dijual kembali di Indonesia dengan harga yang sangat bagus.

Anda yang pertama kali belajar mau import borongan resmi dari China, awalnya akan dibingungkan dengan beberapa pertanyaan seperti: mengenai pengurusan bagaimana cara jasa ekspedisi, apa itu ekspedisi muatan kapal laut, bedanya jasa EMKL dengan ekspedisi via udara, dan perbedaan harga ekspedisi setiap masing-masing jalur. Dan banyak lagi pertanyaan didalam pikirian Anda.

Belum lagi istilah-istilah lainnya seperti tentang Lartas; Barang larangan dan/atau pembatasan (LARTAS) adalah barang yang dilarang dan/atau dibatasi impor atau ekspornya. Import yang kena lampu merah dan tentunya pengurusan bea cukai yang malah bikin Anda untuk mundur kala mau memulai belajar impor borongan sendiri.

Quality control kualitas barang yang Anda beli juga faktor penting dalam mengimpor barang dari China. Anda tentunya tidak mau barang atau produk yang Anda beli kualitasnya tidak seperti contoh atau sample yang yang Anda lihat pertama kali atau banyak barang yang rusak atau tidak sesuai seperti yang Anda inginkan.

Tapi bukan berarti barang-barang atau produk China banyak tidak bagus kualitasnya, karena banyak produsen-produsen tingkat dunia, seperti produk iPhone, Mac, Toshiba, Dell, Sony, HP, dll

Berikut tips cara-cara yang bisa menjadi masukan Anda yang mau melakukan impor barang dari China:

Jalur Pelabuhan
Melalui jalur pelabuhan, Anda harus mengikuti proses impor dengan adanya surat-surat atau berkas yang harus diurus sampai dengan proses yang harus dilewati urusan bea cukainya. Tentunya dengan mengikuti proses yang benar dalam impor barang, maka barang Anda akan bebas dari sanksi hukum dikemudian hari. Impor via jalur pelabuhan keuntungannya Anda bisa mengimpor dengan kuantitas yang besar tapi dibarengin dengan biaya yang cukup tinggi juga. Prosesnya pun Anda harus bertemu dengan seller, melakukan quality control, mengurus pengiriman darat ke pelabuhan dan pengiriman sampai ke alamat Anda di Indonesia.

Jalur Belanja Online di Marketplace
Anda yang doyan belanja online, pastinya sudah mengenai proses yang mudah dan cepat dalam belanja online di marketplace seperti di AliExpress, Alibaba dll. Belanja online memang tidak membutuhkan prosedur yang rumit seperti via jalur pelabuhan. Karena proses pengiriman diurus pihak seller atau penjual dari toko online tersebut, Anda hanya membayar dan ongkos kirim yang telah diperhitungkan oleh penjual di marketplace yang Anda beli. Tentunya melalui pembelian via online harga barang satuan menjadi mahal dan sulit untuk dijual kembali dengan keuntungan besar bila Anda mau berdagang. Jumlah yang Anda beli juga menjadi terbatas dengan dikenainya biaya tambahan untuk pengiriman (shipping) ke alamat Anda.

Jalur Darma Wisata
Anda bisa memanfaatkan perjalanan Anda dengan agen wisata ke China dengan belanja produk-produk China selama Anda singgah dibeberapa tempat wisata. Dengan jalur ini Anda tidak dibebani dengan proses ekspor impor yang rumit dan juga bisa membeli barang dengan harga murah karena langsung mendapatkan di produsen atau toko di China langsung. Anda tetap bisa membawa pulang barang pembelian Anda ke Indonesia dengan izin pariwisata. Dengan jalur wisata ini juga Anda bisa mengumpulkan data produsen langsung barang yang Anda inginkan, yang bisa Anda pakai dikemudian hari. Tentunya via wisata ini kekuarangannya jumlah produk dan waktu untuk belanja dibatasi oleh pihak agen wisata Anda.

Jalur Pribadi
Anda bisa langsung terbang dan melakukan perjalanan sendiri ke pelosok China dengan visa turis tentunya. Dan di China Anda bisa memulai mendatangi ke beberapa toko atau produsen barang yang menjadi tujuan Anda. Anda harus fasih bahasa setempat atau Mandarin untuk bisa melakukan kesepakatan jual-beli dan mengatur pengiriman barang. Kelebihan via jalur ini Anda bisa melakukan nego sendiri dengan seller, sehingga bisa mencapai harga yang Anda mau, Jumlah barang juga bisa banyak dan tidak terlalu rumit dalam mengurus proses impor karena proses tersebut akan dilakukan oleh pihak seller/penjual.

Okay, berikut telah kami jabarkan beberapa tips cara-cara dalam memasukan barang impor dari China untuk usaha Anda.

Kami, PT Blink Indo Prima (Blink Group) membuka layanan impor resmi khusus FCL sementara ini dengan ketentuan sbb :
  • Semua jenis barang non lartas
  • Penyertaan invoice dan HS code agar dapat di hitungkan biayanya
  • Penyertaan dokumen terkait sesuai regulasi

Bagi Anda yang belum memiliki rekanan pabrik/supplier, kami dapat membantu mencarikan dan memberikan catalog sesuai yang Anda butuhkan

Hubungi kami segera dan temukan prospek Anda di pasar global sekarang.

Yuanita / Overseas Coordinator
Mobile: +628999002215
E-mail: yuanita@blinkprimamandiri.com
WeChat: yuyun8666

BLINK GROUP
PT. Blink Prima Mandiri
PT. Blink Prima Valasindo
PT. Blink Indo Prima 


INSTAGRAM FEED